PLS, Koramil 06/PLK Kodim 0310/SS Tanamkan Rasa Nasionalisme kepada Siswa

669

JURNAL SUMBAR | Sijunjung- Dalam upaya menanamkan rasa nasionalisme kepada generasi muda penerus bangsa, melalui kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan sekolah, Komando Distrik Militer 0310/ SS terjunkan anggota Koramil 06 /PLK beserta jajaran untuk memberikan materi Wasbang dan Bela Negara kepada siswa siswi baru yang ada di sekolah wilayah binaan masing – masing Koramil.

Setidaknya itu dilaksanakan pengenalan lingkungan sekolah ( PLS ) itu digelar di SMP -IT AR-Rahman yang diikuti kelas l , ll , lll sebanyak 60 siswa/siswi di Nagari Palangki, Kecamatan, IV Nagari pada Selasa (16/7/2019) oleh Koramil 06/PLK dibawa pimpinan Danramil Kapt Inf Ilham.

Komandan Kodim 0310/SS Letkol Inf Dwi Putranto SP menyampaikan bahwa keterlibatan jajarannya dalam masa pengenalan lingkungan sekolah tersebut merupakan implementasi MoU antara Panglima TNI dan Kemendikbud dalam rangka penguatan pendidikan karakter siswa guna menangkal paham radikalisme di kalangan siswa itu sendiri serta menumbuhkan nilai-nilai ideologi pancasila sejak dini.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan bahwa di era globalisasi ini peran nilai – nilai pancasila sangat penting untuk tetap menjaga eksistensi kepribadian bangsa Indonesia. Dengan adanya globalisasi, batasan batasan diantara negara seakan tak terlihat, sehingga berbagai kebudayaan asing dapat masuk dengan mudah ke dalam masyarakat.

Pesatnya perkembangan teknologi informatika selain dapat memberikan dampak positif juga berdampak negatif bagi bangsa Indonesia. Jika kita dapat memfilter dengan baik berbagai hal yang timbul dari dampak globalisasi tentunya globalisasi itu akan menjadi hal yang positif karena dapat menambah wawasan dan mempererat hubungan antar bangsa dan negara di dunia. Tapi jika kita tidak dapat memfilter dengan baik maka  hal-hal negatif dari dampak globalisasi dapat merusak moral bangsa dan eksistensi kebudayaan indonesia.

“Harapanya melalui kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang diisi dengan pemaparan materi wawasan kebangsaan dan pemahaman Bela Negara dan materi Peraturan Baris-Berbaris (PBB) dapat  meningkatkan rasa nasionalisme, bela Negara dan cinta tanah air kepada siswa – siswi sekolah sebagai bagian dari penguatan pendidikan karakter siswa guna menangkal paham radikalisme,” tambah Danramil 06/PLK Kapt Inf Ilham pada awak media Rabu (17/7/2019). saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here