Tanggul Jebol, Sungai Meluap, Puluhan Rumah di Kiliranjao Sijunjung Terendam Banjir

2212

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Diduga akibat tingginya intensitas hujan dan tanggul penahan air jebol membuat Sungai di Jorong Kiliranjao, Nagari Muaro Takuang, Kecamatan Kamangbaru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat meluap.

Tak ayal, puluhan rumah yang ada di Jorong itu pun terendam banjir. Peristiwa itu terjadi pada Senin (15/7/2019) sekitar pukul 09.00 WIB.

“Hampir tiga jam rumah kami terendam pak. Banjir itu baru surut sekitar pukul 12.00 WIB dan hingga kini kami masih tetap waspada setelah sebelumnya melakukan bersih-bersih,” kata Ona Putra yang mengaku rumah orangtuanya ikut terendam banjir pada awak media, Senin (15/7/2019) malam via WhatsAppnya.

“Rumah kami banyak yang terendam banjir dan seharian kami bersih-bersih. Kini ko masih sedang waspada takut banjir serupa terjadi lagi, apalagi tanggul penahan air jebol,” tambah Ona Putra.

“Sungai yang meluap ini di Jorong Kiliranjao yang di belakang Pertamina (SPBU-red). Labiah dair 10 rumah tarandam lebih dari setinggi lutuik. Soal bantuan hingga kini belum ado pak,”tambah warga lainnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sijunjung, Hardiwan pun tak menapik banjir yang melanda Jorong Kiliranjao itu. “Tadi anggota kita sudah turun ke lapangan,” ucap Hardiwan saat banjir merendam rumah warga itu pada awak media, Senin (15/7/2019). saptarius