Dipimpin Datuk Bagindo Sutan, KAN Muaro Takuang Wakili Sijunjung ke Lomba Tingkat Sumbar

861

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Setelah melalui proses dan penilaian, akhirnya Kerapatan Adat Nagari (KAN) Muaro Takuang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, pimpinan Parizal J Dt Bagindo Sutan, SE dinobatkan sebagai KAN terbaik Kabupaten Sijunjung dan sekaligus sebagai Duta Sijunjung ke lomba KAN Tingkat Sumatera Barat.

KAN Muaro Takung diketuai Parizal J Dt Bagindo Sutan, SE dengan panggilan Datuk Pucuk itu malenggang ke Tingkat Sumbar setelah sebelum menyisihkan rivalnya KAN Tanjung Bonai Aur, Kecamatan Sumpur Kudus yang hanya berada di posisi ke dua.

“Alhamdallah KAN Muaro Takung dinobatkan sebagai KAN Terbaik Sijunjung pada tahun 2019 ini dan sekaligus dipercaya sebagai Duta Sijunjung kelomba tingkat Sumatera Barat,”ucap Datuk Pucuk kepada awak media, Sabtu (10/8/2019).

Sekretaris Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Sijunjung, Saldi Nafri, S.Ag,M.A, Bagindo Kayo, didampingi Wakilnya Apridas Bagindo Tan Nameh, kepada wartawan menyebutkan, bahwa penilaian KAN itu merupakan program Dinas Pemerintahan Nagari (DPMN) Sijunjung.

“LKAAM sebagai mitra kerja DPMN dan urusan adat tentu melibatkan pengurus LKAAM sebagai tim penilai,” ujar Saldi.

Saat melakukan penilaian, LKAAM melakukan penilaian sesuai dengan tugas dan fungsi ninik mamak dan bagaimana menyikapi setiap persoalan yang muncul di masing masing suku dan kaum. Persoalan itu bisa saja menyangkut sosial kemasyarakatan, pelanggaran adat dan norma norma serta bagaimana peran ninik mamak bisa melakukan terobosan terobosan dalam menumbuh kembangkan kehidupan yang nyaman.

Kabid Pemberdayaan dan Pemerintahan Nagari DPMN, Sijunjung, Defri Antoni, memaparkan bahwa penilaian KAN antar kecamatan ini bertujuan untuk melestarikan nilai nilai budaya dan adat serta sejauh mana peran ninik mamak  dalam menyikapi adat budaya itu dalam memotivasi program pemerintah. Sementara KAN yang dinilai sesuai dengan usulan yang diberikan oleh kecamatan.

Ketua LKAAM Sijunjung, H. Epi Radisman Datuk Paduko Alam SH, sebagai ketua tim menyebutkan bahwa penilaian yang dilaksanakan terhadap KAN yang merupakan utusan kecamatan.

“Semuanya sangat mengesankan. Dari delapan KAN yang dinilai, setelah dilakukan pengamatan dan penilaian langsung ke nagari semuanya sudah memperlihatkan fungsi KAN dengan baik,”jelas H. Epi Radisman Datuk Paduko Alam SH sebelumnya.

Disebut Datuk Paduko Alam, dari masing-masing penilai yang turun langsung ke nagari dan setelah semua nilai direkap, ternyata KAN Muaro Takuang, meraih nilai tertinggi dengan total nilai 94 poin. Menyusul di peringkat ke dua KAN Tanjung Bonai dengan nilai 89 poin. Sementara posisi ke tiga dan ke empat, diraih oleh KAN Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan dan KAN Koto Baru, Kecamatan IV Nagari. saptarius/husin
editor; saptarius