Featuring Bima WP dan CJ, Asimilasi Brian May dan Bjork dari Indonesia

75

JURNAL SUMBAR | Padang – Manusia terlahir sebagai makhluk sosial yang butuh berinteraksi antar sesamanya, guna menperoleh kehidupan yang lebih baik. Interaksi sosial yang baik adalah saling mengisi, namun keikhlasan mesti tetap jadi pilihan dalam perbuatan. Terinspirasi dari pola silaturahmi yang kadang keliru terjadi pada sebagian masyarakat, Bima WP merilis lagu terbarunya ‘Kolaborasi/Eksploitasi?’ pada hari Minggu, 4 Agustus 2019 pada beberapa digital music store.

“Pada lagu ini saya featuring dengan Camelia Jonathan, atau yang lebih dikenal dengan panggilan CJ. Lirik dan lagu ini ditulis oleh CJ, aransemen musiknya kerja bareng CJ dengan saya. Tema lagu ini terinspirasi dari pengalaman di beberapa lingkaran pertemanan CJ, di mana terkadang relasi yang kita bangun tidak selalu didasari dengan semangat juang yang sama, sehingga tak jarang terjadi timbal-balik yang tidak seimbang. Kolaborasi berubah menjadi eksploitasi. Namun alih-alih menjebak diri dalam drama, lebih baik jadikan pengalaman yang tidak menyenangkan sebagai motivasi untuk jadi pribadi yang lebih cerdas,” kata Bima WP, Juara 2 Super Gitar Competition 2015, saat diwawancarai, Minggu (4/8/2019).

CJ mengatakan, “Saya yakin semua orang pernah lah mengalami. Oportunis itu ada di mana aja, dari lingkungan sekolah, lingkungan kerja, bahkan dari keluarga sendiri. Contoh paling simple misalnya waktu kerja kelompok di sekolah. Pasti ada aja, kan, anak yang ‘gak pernah ikutan kerja, tapi giliran presentasi kelompok dia mejeng paling depan? Saya harap lagu ini bisa jadi penyemangat banyak orang. Jangan kapok belajar gara-gara eksploitasi dan sakit hati yang dilalui; atau malah gantian eksploitasi orang juga, ya. Tetap tularkan energi positif ke orang-orang sekitar.”

“Lagu ini adalah featuring saya untuk pertama kalinya dengan Bima WP, warnanya agak berbeda dari karya-karya lagu kami sebelumnya. Jika sebelumnya Bima WP merilis single religi bernuansa orkestra, kali ini petikan gitar Bima WP menyuntikkan attitude yang dibutuhkan pada aransemen elektronik dan lirik yang saya tulis,” kata CJ.

Tumbuh di tengah musik era 90-an sebagai penggemar berat musik pop, CJ tidak hanya menemukan passion dalam menciptakan karya pop yang mudah diterima anak muda, namun juga tantangan dalam membuatnya terdengar segar.

“Lagu ‘Kolaborasi/Eksploitasi?’ mengusung notasi-notasi yang easy listening ditemani lirik yang lugas, saya dan CJ yakin lagu ini akan mudah diterima oleh para pendengar Indonesia, dan membuat mereka yang mendengar lagu ini merasa lebih cadas secara instan,” kata Bima WP.

Style dan warna musik yang disajikan Bima WP dengan CJ pada lagu ‘Kolaborasi/Ekploitasi?”, seperti asimilasi dari dua musisi dunia, Brian May dan Bjork yang melahirkan warna musik baru bagi blantika musik Indonesia, bahkan mungkin juga dunia. Untuk mendengar lagu ini ada pada link berikut; https://youtu.be/pzuVeHVuNxc. (Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)