Jelang PKL dan PPL ke Luar Negeri, 16 Mahasiswa UNP Diberi Pembekalan

73

JURNAL SUMBAR | Padang — Sebanyak 16 mahasiswa Universitas Negeri Padang akan berangkat ke luar negeri untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan atau magang dan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) pertengahan Agustus 2019 mendatang. Untuk itu, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Internasional memberikan pembekalan mahasiswa tersebut yang berasala dari berbagai program studi, Jumat (2/8).

Ketua UPT Internasional Office UNP, Dr Ananda Putra menyebutkan keenam belas mahasiswa tersebut diberangkatkan ke Malaysia, Thailan dan Philipina. Mereka nantinya akan berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai negara. Oleh karenanya penting diberikan pembekalan, termasuk didalamnya berkaitan dengan pemahaman lintas budaya.

“Pembekalan mahasiswa Sea Teacher batch 8 dan Sea TVET batch 4 UNP yang akan berangkat PL dan Magang pertengahan Agustus 2019 selama sebulan ke Malaysia, Thailand dan Philipina sangat penting karena isinya adalah pesan-pesan dan orientasi bagaimana mereka ketika berada di luar negeri. Apalagi mereka akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara,” ungkapnya.

Ditambahkannya, UNP terus berupaya mengembangkan kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di negara lain. Program PKL dan PPL luar negeri ini, disebutkanya tidak hanya untuk menambah pengalaman mahasiswa, tetapi sebagai salah satu bagian dari internasionalisasi yang dicanangkan Rektor UNP tahun 2019.

Adapun untuk Sea Teacher (PPL) 7 0rang dan Sea TVET (PKL) 9 orang, totalnya 16 orang termen ini UNP mengirimkan mahasiswa. (Agusmardi/Humas UNP)