Sekolah Sehat di Sijunjung, Puluhan Guru dan Tenaga Sekretariat UKS Ikuti Pelatihan

608

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sejalan dengan masih banyaknya tantangan dalam pelaksanaan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung melalui Bagian Kesra Lingkup Setdakab gelar pelatihan bagi guru dan tenaga sekretariat UKS/M di Aie Angek Cottage Padang Panjang, Minggu (4/8/2019).

Kepala Bagian Kesra, Dodi Katim mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru dan tenaga sekretariat dalam mengembangkan UKS di Kabupaten Sijunjung sehingga terwujudnya sekolah sehat.

“Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan kepada guru agar dapat menerapkan perilaku, sikap dan keterampilan hidup bersih serta membudayakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari”, jelasnya.

Kemudian, kegiatan tersebut diikuti oleh 40 orang guru dan tenaga sekretariat UKS, yang terdiri dari guru TK, SD, SLTP dan SLTA serta tenaga sekretariat UKS kecamatan se-Kabupaten Sijunjung, dengan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Asisten I Setdakab Sijunjung.

Selain itu, dari Dinas Kesehatan Sijunjung, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung, Kemenag Kabupaten Sijunjung dan Barka Teambuilding dan Consulting Barka Padang Panjang serta Kepala Sekolah SMPN 3 Padang Panjang.

Lanjut dikatakannya, pelatihan ini dilaksanakan selama tiga (3) hari mulai dari tanggal 4-6 Agustus 2019 di Air Angek Cottage Padang Panjang.

Dalam sambutan Bupati Sijunjung, yang dibacakan Staf Ahli, Syarial menyebutkan dalam proses belajar mengajar dalam kegiatan sehari-hari di Sekolah, peran aktif guru dan sekretariat UKS sangat penting dalam menentukan sikap bagi anak didik.

“Apabila peranan UKS telah tertanam sejak dini dari anak tersebut, yakinlah anak-anak itu mampu untuk menjaga dan berprilaku hidup bersih dan sehat,” jelasnya.

Untuk itu, diharapkan kepada peserta pelatihan ini agar mengikuti pelatihan tersebut dengan baik, sehingga ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dimana saudara bertugas.

“Dengan tercapainya tujuan pelaksanaan program UKS di Ranah Lansek Manih, maka akan tercipta manusia uang sehat, cerdas , beretika dan berkepribadian yang baik,” pungkasnya. dicko
editor; saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here