UNP Dipercaya Seleksi Calon Kepala OPD Pemko Pariaman

69

JURNAL SUMBAR | Padang — Penempatan Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di Kota Pariaman yang bisa membangun koneksi diperlukan bagi pengembangan kota ini dimasa mendatang. Dengan demikian Kepala OPD Pemko Pariaman mampu meningkatkan akuntabilitas bawahaanya. Usaha untuk mendapatkan calon pejabat Kepala OPD tersebut, Pemko Pariaman kembali melibatkan Universitas Negeri Padang (UNP)

Walikota Pariaman Dr Genius Umar, S.Sos, MSi di ruang kerjanya, Rabu (7/8/2019) mengatakan pemerintah ko Pariaman sejak tahun lalu telah bekerjasama dengan UNP dalam seleksi Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) atau Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama.

“Untuk tahun ini Pemko Pariaman tetap menggandeng UNP, untuk Tes Psikologis dipercayakan Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNP dan untuk wawancara diserahkan pada Dosen Pascasarjana Prof. Dasman Lanin, Ph.D, Dr. Dedi Hermon, M.P dan Dr. Erianjoni, M.Si,” kata Genius

Walikota Pariaman itu menjelaskan bahwa ditunjuknya Perguruan Tinggi dalam Panitia Seleksi (Pansel) untuk menjaga netralitas pimpinan dalam menseleksi Calon Kepala OPD di daerahnya, seperti jabatan Kadis Kominfo, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan serta kepala OPD BKPD.

“Kita tetap menjaga dan mempertahankan marwah Good Goverment dan Clean Goverment, sehingga kita perlu libatkan Perguruan Tinggi seperti UNP,” pungkas Genius.

Sementara itu, Dr Erianjoni, salah satu tim Pansel dari UNP menjelaskan, dalam seleksi Calon Kepala OPD yang menjadi Ketua Pansel pamong senior Sumbar Drs. Rusdi Lubis, M.Si dan Mantan Sekda Kota Pariaman Armen, SH.

Wawancara seleksi ini berlangsung selama dua hari tanggal 6 – 7 Agustus 2019 diikuti oleh 7 orang, kegiatan ini dilaksanakan di ruang rapat Walikota Pariaman.

Selain itu kerjasama lainnya dengan UNP dalam bentuk pengembangan SDM Aparatur Sipil Negara, di antaranya beberapa orang pegawai Pemko studi lanjut di Prodi S2 Teknologi Pendidikan Pascasarjana dan prodi lainnya di lingkungan UNP. (Agusmardi/Humas UNP)