Wako Riza Falevi: Beritakan Apa Adanya, Tapi Harus Berimbang

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Payakumbuh – Walikota Payakumbuh, Riza Falepi adakan berbuka buka bersama dengan seluruh insan pers yang bertugas di daerah Luak Limopuluah, di Pendopo Rumah Dinas Walikota, Senin (11/6/2018).

Walikota dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas jalinan kerjasama yang baik selama ini. Dirinya berjanji jalinan silaturahmi akan terus ditingkatkan, termasuk mengadakan pertemuan rutin dengan insan pers.

“Terimakasih atas kerjasama selama ini, pers telah banyak membantu keberhasilan Kota Payakumbuh,” sebut Riza Falepi.

“Kedepan kita akan tingkatkan jalinan silaturahmi. Sudah lama juga saya tidak ke Balai Wartawan (BW). Nanti kita coba cari waktu untuk silaturahmi di BW,” tambahnya sembari melirik Kadis Kominfo, Elvi Jaya.

Walikota berharap, insan pers Luak Limo Puluah memperhatikan aspek keberimbangan dalam pemberitaan.

Dijelaskannya, keberimbangan berita penting, agar masyarakat bisa memahami secara utuh informasi yang disampaikan.

PERANTAU SIJUNJUNG

“Kita punya tanggungjawab moral kepada masyarakat. Untuk itu kami himbau agar pers memperhatikan betul keberimbangan dalam pemberitaan, agar masyarakat tercerdaskan,” ujar Wako Riza.

Riza mengaku, dirinya terbuka dengan segala kritik dan saran yang diberikan pihak lain, termasuk dari pers. Menurutnya, sudah pada tempatnya pers memberitakan kejadian sebagaimana adanya.

“Saya tidak alergi dengan kritik. Kritik justru kita butuhkan. Silahlan beritakan apa adanya. Jika ada prestasi beritakan sewajarnya, tak perlu dilebih-lebihkan. Begitupun sebaliknya, jika ada yang kurang baik, silahkan klarifikasi, saya terbuka untuk itu,” seru Riza.

Ditambahkan, saat ini ada jurnalis yang memuat pemberitaan bermuatan kritik kepada pemerintah kota, akan tetapi disayangkan, jurnalis tersebut belum pernah melakukan klarifikasi kepada dirinya terkait persoalan yang kritik tersebut.

“Terkadang saya bingung, ada wartawan kritik kebijakan Pemko, tapi sekalipun tidak pernah klarifikasi. Pas dicek dimana BW nya (balai wartawan-red), ternyata tidak masuk anggota BW. Saya tanya, masuk organisasi wartawan apa? juga tidak terdaftar. Saya jadi bingung, mau klarifikasi kemana,” ujar Wako Riza disambut tawa sebagian hadirin.

Sesuai jadwal, buka bersama walikota dengan insan pers menjadi penutup rangkaian buka bersama Walikota Payakumbuh dengan elemen masyarakat Payakumbuh pada Ramadhan 1439 H ini.

Walikota sendiri dijadwalkan akan menghadiri pelaksanaan Sholat Idul Fitri tingkat Kota Payakumbuh pada 1 Syawal 1439 H mendatang. Sholat dipusatkan di halaman Balaikota Payakumbuh, ex. Lapangan Poliko. Bertindak sebagai khatib, Ust. Irsyad Syafar, Lc, M.Ed, pendiri Pondok Pesantren Ar Risalah, Padang. (Yusrizal).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.