Walikota Mahyeldi Mendukung Plaza Rakyat Permindo

1121

JURNAL SUMBAR | Padang –  Pengurus Kesatuan Pedagang Jalan Permindo (KPJP) beserta beberapa orang pedagang toko di sepanjang jalan Permindo beraudiensi dengan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah pada hari Kamis 1/6/2017. Audiensi tersebut dipimpin oleh Ketua dan Sekretaris KPJP M Ikhsan dan Aldeno Ulfasande.

Pada audiensi tersebut KPJP menyampaikan konsep *Plaza Rakyat Permindo* (PRP) yang disampaikan oleh penasehat KPJP Miko Kamal. Dalam presentasinya, Miko Kamal menyampaikan bahwa yang dimaksud dengan PRP adalah konsep pusat perbelanjaan yang dikelola dengan melibatkan partisipasi publik atau pihak-pihak yang sudah eksis di Permindo dengan cara menata toko-toko yang menjadi pusat perbelanjaan rakyat yang nyaman.

“PRP pada prinsipnya adalah membenahi kawasan Permindo yang sekarang sudah relatif bagus menjadi lebih bagus lagi dengan melibatkan partisipasi publik. PRP bukan berarti mendirikan gedunh baru di Permindo layaknya sebuah plaza atau mall”, kata Miko Kamal.

“Dengan konsep PRP, kawasan Permindo akan terjaga dengan baik dan memanjakan pengunjung yang datang ke Permindo. Sebab, semua pedagang toko dan _stakeholders_ lainnya bertanggung jawab menjaga kebersihan trotoar, memelihara tanaman yang ada, memasang payung-payung cantik (payung bergayut) di sepanjang trotoar, membuat gerbang di pangkal dan ujung jalan Permindo, menyediakan toilet di masing-masing toko untuk dipergunakan oleh pengunjung, menyediakan seragam yang sama bagi semua karyawan toko, dan menyelenggarakan kegiatan rutin di Permindo seperti diskon bersama pada waktu tertentu dan kegiatan-kegiatan kesenian”, Miko Kamal menambahkan.

Menurut Ketua KPJP Ikhsan, “pedagang toko di sepanjang Permindo komit menjadikan Permindo sebagai pusat destinasi wisata belanja. Oleh karena itu kami sepakat sama-sama membenahi Permindo secara partisipatif”.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan bahwa beliau sangat senang dan mengapresiasi konsep PRP. Menurut Walikota, “PRP adalah ide brilian dalam memajukan kota. Setiap warga kota (termasuk pedagang) memang harus ikut berpartisipasi untuk kebaikan kotanya. Pemerintah akan selalu mendukung segenap inisiasi yang datang dari publik seperti yang dilakukan oleh KPJP”.

Pada kesempatan audiensi tersebut Walikota Mahyeldi juga mengekspos rencana kegiatan Pemerintah dalam membenahi kawasan Pasar Raya seperti percepatan pembangunan pasar dan pembenahan drainase dan trotoar di Jl Pasar Baru, dan kawasan Permindo tidak bisa dipisahkan dari kegiatan pembenahan Pasar Raya tersebut.

Kedatangan KPJP ke rumah dinas Walikota Mahyeldi pada hari libur nasional itu juga dihadiri oleh beberapa orang tokoh Permindo diantaranya Yosi Widiatmo (Rocky Hotel), Helmi dari Toko Silungkang, Yosef (Mikasa Sport), Eka Kurniawan dari Irama Agung, Boy dari Ceria Busana, Zal dari Bali Busana, H Yanto dari Ivo Busana dan beberapa pedagang lainnya. rilis