Tingkatkan Kapasitas, 61 Ketua LPM Nagari Kabupaten Sijunjung Dibekali Bimtek

358
Bimtek ketua LPM Nagari kabupaten Sijunjung. Ist.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Untuk meningkatkan wawasan pengetahuan serta keterampilan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam menyusun perencanaan Nagari/Desa maka Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Nagari/Desa se Kabupaten Sijunjung.

Acara ini dilaksanakan Selama 2(dua) Hari dari tanggal 4 s/d 5 Desember 2017 yang dilaksanakan di Hotel Bukit Gadang Muaro Sijunjung dan dibuka lansung oleh Bupati Sijunjung H. Yuswir Arifin pada Senin (4/12/2017).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris DPD LPM Provinsi Sumatera Barat H. Irwandi Walis. S.Sos, Ketua DPD LPM Kabupaten Sijunjung H. Junaidi, Kepala Dinas PMN Drs. Syukri, MM dan undangan lainnya.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin sangat mengapresiasi diadakannya bimtek ini, karena ini merupakan langkah positif dan strategis dalam rangka upaya meningkatkan wawasan pengetahuan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat.

Bupati juga mengajak LPM Nagari/Desa untuk bersama-sama berperan aktif dan bersinergi melaksanakan perencanaan dan pembangunan di Nagari.

Sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa,Tugas LPM dalam perencanaan pembangunan partisipatif Di Nagari/Desa adalah sebagai Sekretaris dalam Tim Penyusunan Dokumen RPJM Nagari dan RKP Nagari, dan diharapkan dengan dilaksanakannya Bimbingan Teknis Ini LPM lebih aktif dalam membantu Pemerintah Nagari/Desa dalam penyusunan perencanaan pembangunan, sambung Bupati.

Kepala Dinas PMN Sijunjung, Drs. Syukri, MM, menyampaikan dalam laporannya bahwa tujuan dilaksanakannya bimtek ini untuk meningkatkan wawasan pengetahuan serta keterampilan Ketua LPM dalam menyusun perencanaan Nagari/Desa serta penyelesaian dokumen perencanaan yang ada di Nagari/Desa dapat tepat waktu dan bisa menjawab permasalahan yang ada di Nagari/Desa.

Kadis PMN Syukri, juga menambahkan bahwa peserta Bimtek ini sebanyak 61 orang yang berasal dari utusan Nagari se Kabupaten Sijunjung yang menjabat sebagai ketua LPM Nagari/Desa.

Serta Fasilitas yang diberikan kepada masing-masing peserta antara lain, akomodasi penginapan, konsumsi selama penyelenggaraan Kegiatan dan seminar KIT beserta modul materi serta Nara Sumber pada kegiatan ini berasal dari DPD LPM Provinsi Sumatera Barat dan DPMN Kabupaten Sijunjung terang Kadis PMN Syukri. Andi Humas