Soal PT Semen Padang, Andre Rosiade Berhasil Dorong Plt. Ketua DPR RI dan Komisi VI Turun ke Padang

781
Plt. Ketua DPR RI, Fadli Zon terima surat KAN Lubuk Kilangan soal PT Semen Padang yang serahkan Rio Handevis atas fasilitasi Andre Rosiade. Poto: Ist.

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM), Andre Rosiade dampingi tokoh muda Lubuk Kilangan, Kota Padang, Rio Handevis bertemu Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Fadli Zon, Jumat 6 Januari 2017, kemarin. Pertemuan tersebut berlangsung di rumah dinas Plt. Ketua DPR RI.

Pertemuan yang dilakukan oleh tokoh muda tersebut atas ketidakpuasan dari pertemuan sejumlah tokoh Lubuk Kilangan, Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan masyarakat dengan PT Semen Indonesia beberapa waktu yang lalu di Kantor KAN Lubuk Kilangan, Kamis 4 Januari 2017.

Dalam pertemuan tersebut, Rio Handevis yang ditugaskan Ketua KAN Lubuk Kilangan, Basri Dt Rj Usali dan Ir Mulawarman Datuk Rajo Intan, Ninik Mamak Adat Suku Tanjung Lubuk Kilangan sebagai perwakilan sejumlah tokoh di Lubuk Kilangan, untuk menyampaikan segala aspirasi dan juga hasil pertemuan mereka dengan PT Semen Indonesia.

“Sebelum ke sini, kami sudah bertemu dengan pihak PT Semen Indonesia. Dalam pertemuan itu, mereka menyampaikan keadaan perusahaan serta industri semen dalam keadaan kurang bagus. Jadi, mereka meminta kami di Lubuk Kilangan untuk bisa memahami. Keputusan ini kami tanggapi dengan rasa kecewa dan sudah kami sampaikan ke Pak Fadli Zon,” sebut Rio Handevis kepada media, Sabtu pagi, 6 Januari 2017.

Rio menerangkan, mereka sebagai anak Nagari punya kepentingan dalam eksistensi PT Semen Padang. Sebab kata Rio, tanah ulayat yang sudah diserahkan harus memberikan kontribusi bagi nagari. Kontribusi akan maksimal kalau nagari dipandang/dihargai oleh PT. SP

“Kami berterimakasih dengan bung  Andre Rosiade yang sudah memfasilitasi pertemuan dengan pak Fadli Zon. Begitu juga dengan pak Fadli Zon yang sudah menerima kami dengan baik walau baru pulang dari Jepang,” ujarnya.

Rio menuturkan, dalam pertemuan dengan PLT Ketua DPR. Ia diminta untuk melengkapi  surat audiensi dengan tambahan surat baru berupaya surat yang berisi aspirasi masyarakat Lubuk Kilangan dari KAN.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Fadli Zon kepada media menyampaikan, dalam pertemuan dengan perwakilan masyarakat Lubuk Kilangan tersebut, dirinya meminta agar surat KAN yang hendak diserahkan kepadanya itu supaya dilengkapi dengan tambahan surat yg berisi aspirasi masyarakat

“Kita ingin, di dalam surat tersebut ada berupa pengaduan dan aspirasi apa saja yang hendak di sampaikan oleh masyarakat Lubuk Kilangan. Sehingga di saat pertemuan audiensi antara DPR RI dan masyarakat, kami dari DPR RI sudah mengetahui kondisi sebenarnya disana,” kata Fadli Zon.

Fadli Zon menyampaikan, usai surat yang diminta tersebut dipenuhi oleh masyarakat, ia bersama rombongan komisi VI DPR RI akan datang ke Padang untuk bertemu dan beraudiensi dengan masyarakat Lubuk Kilangan serta karyawan Semen Padang.

“Insya Allah secepatnya kami bersama rombongan ke Padang,” katanya.

Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM), Andre Rosiade merasa lega sudah bisa memfasilitasi anak nagari Lubuk Kilangan bertemu Plt. Ketua DPR RI. “Sebagai masyarakat Minang ini merupakan komitment bagi mereka yang ada di rantau untuk bersama-sama saling membantu permasalahan yang ada di Sumatera Barat,” ujarnya.

“Masalah Semen Padang adalah masalah yang begitu penting, mulai dari rencana merubah Semen Padang dari Korporasi menjadi unit produksi hingga isu tanah ulayat menjadi permasalahan yang penting bagi kita semua masyarakat Minang. Kami juga merasa sangat senang bisa membantu teman-teman yang ada di Lubuk Kilangan, agar bisa menyelesaikan masalah mereka dengan cepat,” tutur Andre.

“Kita harus sama-sama peka, apa saja yang terjadi di kampung halaman. Dan kita harus saling membantu. Ada saudara yang ingin ketemu sama Plt. Ketua DPR tentu kami sebagai anak Minang di rantau berkewajiban membantu dan memfasilitasi. Alhamdulillah, bang Fadli Zon langsung merespon dan berencana secepatnya ke Padang bersama Komisi VI DPR RI,” tutupnya. Rilis