Lulus SMA, Ketua DPRD Pessel: Pilihlah PT yang Bisa Memotivasi Diri Jadi Mandiri

173
Dedi Rahmanto Putra

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Telah selesainya siswa kelas XII SMA dan sederajat mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun 2018, tentunya banyak tamatan yang akan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Dalam hal ini Ketua DPRD Pesisir Selatan, Dedi Rahmanto Putra berharap tamatan SMA mampu membaca, menganalisa, memilih dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang bisa memotivasi mereka untuk berusaha sendiri. Dengan kata lain, jangan hanya menimbah ilmu untuk menjadi pegawai negeri.

“Kalau setiap tamatan berbagai sekolah dan perguruan tinggi selalu berharap menjadi pegawai, sementara peluang dan kesempatan sangat terbatas, yang akan terjadi di negara dan di daerah ini adalah jejeran panjang pencari kerja, yang klimaksnya semakin mempertinggi tumpuk dan jumlah pengangguran,” ungkapnya di Painan, Rabu (25/4/2018).

Sebagaimana yang selalu terjadi, lanjutnya, setiap ada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), jumlah yang melamar tidak sebanding dengan lowongan yang tersedia, sehingga pelamar yang tersingkir jauh lebih banyak dari yang diterima.

Dikatakan Dedi, tingginya angka pencari kerja serta tidak sebandingnya jumlah pelamar dengan peluang yang diperebutkan, satu bukti bahwa pertumbuhan penduduk tidak seimbang dengan lapangan pekerjaan yang tersedia.

Selain itu, tamatan berbagai sekolah, bahkan perguruan tinggi tidak punya nyali dan kemampuan untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, motivasi mereka hanya menjadi pegawai. Pada hal peluangnya sangat sempit, bahkan teramat sempit.

“Justru itu, karena sekarang tamatan SMA yang akan melanjutkan pendidikan cukup banyak, kita berharap mereka mampu membaca, menganalisa, memilih dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang bisa memotivasi untuk berusaha sendiri. Jangan hanya menimbah ilmu untuk menjadi pegawai negeri, karena peluang untuk itu sangat sempit, bahkan teramat sempit,” pesan Dedi. (Rega Desfinal)